BELAJAR BERFIKIR INDUKTIF

Learning to Think inductively

“ Belajar Berfikir Induktif”

 

Scenario

Selama 10 tahun, Seamus berkecimpung di dapur, dihadapannya ada beberapa piring. Salah satunya di isi kenatng yang dipotong ¼ dan berisikan apel yang dipotong sama. Piring yang lain berisikan jenis buah-buahan dan sayuran. Seamus menaruh potongan kentang ke dalam piring kaleng dan seng yang dililitkan bersama” dan kemudian muncul nyala lampu yang sangat kecil, dia mengangguk puas ketika lampu mulai berpijar-pijar, kemudian dia putuskan lampu, memasang voltmeter untuk mengujinya dan kemudian menggabungkan kembali lampunya. Dia mengulangi langkah ini dengan apel, menguji lampu dan voltmeter sekali lagi, kemudian diganti lagi dengan prambos, lemon, wortel, dan sebagainya. Ayahnya memasuki ruangan dan Seamus menengok. “ aku yakin dengan prambos” kata dia. Kita dapat menggunakan mereka sebagai baterai, tetapi beberap dari yang lain…”

 

 

Scenario 4

Diane Schuetz telah mengembangkan siswa kelas satunya dengan umbi bunga tulip yang mereka klasifikasikan. Siswa membuat group tulip itu berdasarkan ukuran, apakah keduanya bisa digabungkan  bersama-sama (beberapa mereka ada yang sudah mempunyai tunas didalamnya), apakah mereka mempunyai coat/mahkota ataw apakah mereka mulai tumbuh seperti akar. Siswa mulai menanam, untuk menemukan apakah mempunyai dampak terhadap pertumbuhan tulip terhadap variasi bagian yang mereka identifikasi?” Apakah tulip yang besar akan tumbuh lebih besar?, apakah tunas tulip akan tumbuh dengan sendirinya?, dan lain-lain”

Diane telah merancang kurikulum IPA disekitarnya dengan proses pertumbuhan kategoru dasar, membuat prediksi dan mengujinya.

 

 

INSTRUCTIONAL AND NURTURANT EFFECTS

Model pembelajaran dan pengajaran induktif di rancang untuk membangun siswa dalam pembentukan konsep dan dengan serentak mengajarkan konsep dan penerapan konsep secara umum. Dia mempunyai dampak samping yang logis, perolehan bahasa, dan pengertian kata, dan pemerolehan pengetahuan alami. Gambar 1 menampilkan tujuan utama dan efek samping dari pembelajaran model induktif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instructional and nurturant effects of inductive-thingking

 

 

 

Tips for teaching Inductively ( Tip untuk mengajar induktif)

  1. Practice, practice, practice – anxiety reduces practice- let go and have fun. (Praktek, praktek, praktek-kekhawatiran mengurangi latihan-mari pergi dan bersenang-senang.)
  2. Study how the kids think; the process gives us a bit of window into ther minds. (belajar bagaimana anak berfikir;proses yang memberikan qita sedikit jalan ke otak mereka)
  3. Keep up front that we are trying to help the kids learn to learn. (mempertahankan kita bagaimana belajar membantu anak belajar)
  4. The inductive process brings kids into the exploration of a domain as a learning community trying to master that domain. (Proses induktif mengantar anak memasuki daerah eksplorasi, sebagai komunitas belajar mencoba menguasai daerahnya)
  5. Except for very specific concentration on phonetic elements and newly learned vocabulary, words should be presented in sentences that provide context clues and a kid of “cloze” activity carried on to ensure that meaning is established.

(kecuali untuk konsentrasi phonetic yang sangat spesifik dan kata baru yang dipelajari, kata harus di sajikan di dalam kalimat yang menjabarkan hubungan kata dan avtivitas kecil dibawa untuk menjaga arti kata yang sebenarnya)

  1. Use the model in the curriculum areas;to teach substance. Not a rainy day activity.

Menggunakan model kurikulum; untuk belajar isinya. Bukan sebuah kegiatan yang mendadak.

  1. Make sure the data set has the attributes present, both for concept formation and concept attainment.

Membuat bentul rangkaian data yang mempunyai sajian atribut, baik untuk pembentukan konsep dan pemerolehan konsep.

  1. Be careful how you teach “complete” and “incomplete” sentences.

Hati-hatilah bagaimana kamu mengajar, mengunakan kalimat komplit atau tidak.

  1. Distinctions between fact and opinion are probably not appropriate for short exploration – data sets containing each will only work if the kids already know which are facts and opinions- in which case there is no new learning.

Bedakan antara kenyataan dan pendapat yang mungkin tidak cocok untuk penjelasan singkat – data set berisikan setiap kerja jika anak-anak siap,mengetahui mana data dan opini – di dalam kasus tidak ada pelajaran baru.

  1. In science, try to concentrate on stuff where the kids can collect raw data.

Dalam ilmu sains, coba konsentrasikan bahan dimana anak-anak dapat mengumpulkan data.

  1. Yes! Kids can create or attain multiple-attribute categories.

Ya. Anak-anak dapat menciptakan atau memperoleh attribute ganda.

  1. In teaching concept like adverb, phrase, clause, remember that there are many subcategories of all of these.

Di dalam mengajarkan konsep seperti adverb, frase, kalusa, ingat ada banyak subkategori di setiap ini.

  1. “squeeze” the meaning out complex sets, such as poems.

“Tekankan “ pengertian rangkaian komplek seperti puisi.

  1. Studying attributes of things like characters in stories provides interesting problem.

Pelajari attribute di benda seperti karakter dalam cerita yang menyajikan permasalahan menarik.

  1. Back on characters – if they are going to classify characters, they need 20 or so in the set.

Kembali berkarakter – jika mereka mulai mengklasifikasi karakter, mereka butuh 20’ atau lebih dalam set ini.

  1. Figure out the higher-order objective at the beginning.

Berfikir lebih – menyiapkan objek di awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di model-model pembelajaran. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s